Hukum Menshalati Mayat Yang Tidak Shalat

Oleh Abu Muawiah

Menyalati Jenazah Fasiq

Tanya:
Bolehkah tidak ikut menyelenggarakan jenazah si mayit yang semasa hidupnya tidak shalat? (08524212????)

Jawab:
Ini kembalinya kepada permasalahan apakah orang yang meninggalkan shalat secara terus-menerus karena malas itu kafir atau tidak? Yang benarnya dalam masalah ini adalah pendapat mayoritas sahabat bahwa orang itu kafir jika telah tegak hujjah atasnya.
Jadi, jika si mayit ketika hidupnya telah dijelaskan kepadanya bahwa meninggalkan shalat adalah kekafiran dengan penjelasan yang betul-betul membuat dirinya yakin tapi dia tetap meninggalkan shalat, maka dia adalah orang yang kafir. Sehingga tidak perlu dimandikan, tidak perlu dishalati, dan tidak boleh dikubur di pekuburan kaum muslimin tapi dia dikuburkan begitu saja di tempat yang terpisah dari kaum muslimin atau digabungkan bersama kuburan orang-orang kafir. Jika hujjah belum tegak atasnya atau padanya ada syubhat, maka kita harapkan orang ini masih muslim walaupun tetap dikhawatirkan atasnya kekafiran.
Jika demikian keadaannya (yakni dia masih muslim) maka tetap wajib menyelenggarakan jenazahnya sebagaimana layaknya seorang muslim. Hanya saja perlu diketahui di sini bahwa:
Jika penanya adalah tokoh yang diikuti dan didengar ucapannya oleh masayarakat maka hendaknya dia tidak ikut dalam penyelenggaraan jenazah sebagai pelajaran bagi yang lain agar tidak meniru perbuatan si mayit. Sebagaimana Nabi -shallallahu alaihi wasallam- pernah tidak ikut menshalati jenazah orang yang mati bunuh diri, tapi beliau hanya memerintahkan para shahabat untuk menyalatinya. Tapi jika penanya bukanlah tokoh yang dianggap oleh masyarakat maka hendaknya dia tetap ikut dalam penyelenggaraan jenazah itu -jika dibutuhkan-, ikut menyalatinya dan mengantarkannya ke kubur. Karena jika dia tidak mengikutinya dikhawatirkan dia akan terkena sorotan dari masyarakat, dan bisa membahayakan dakwah dan ajaran agama yang dia amalkan di tempat tersebut.

Sumber: http://al-atsariyyah.com

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.178 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: