Tanah Arab Menjadi Hijau Subur

Ust. Abu Muawiah

Tanya:
Ust, apakah benar ada hadits yang menyatakan bahwa di antara tanda hari kiamat adalah tanah arab akan menjadi hijau lagi subur?
“abuyahya”

Jawab:
Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim no. 157 dari Abu Hurairah secara marfu’ dengan lafazh:

لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَكْثُرَ الْمَالُ وَيَفِيضَ حَتَّى يَخْرُجَ الرَّجُلُ بِزَكَاةِ مَالِهِ فَلَا يَجِدُ أَحَدًا يَقْبَلُهَا مِنْهُ وَحَتَّى تَعُودَ أَرْضُ الْعَرَبِ مُرُوجًا وَأَنْهَارًا

“Tidak akan terjadi hari kiamat, sebelum harta kekayaan telah tertumpuk dan melimpah ruah, hingga seorang laki-laki pergi ke mana-mana sambil membawa harta zakatnya, tetapi dia tidak mendapatkan seorang pun yang bersedia menerima zakatnya itu. Dan sehingga tanah Arab menjadi murujan wa anharan.”
Sebagian menerjemahkan kata murujan wa anharan dengan: Subur lagi makmur kembali dengan padang-padang rumput dan sungai-sungai.”

Hanya saja Imam An-Nawawi berkata dalam menafsirkan kedua kata di atas (murujan wa anharan):

معناه والله أعلم أنهم يتركونها ويعرضون عنها فتبقى مهملة لا تزرع ولا يسقى من مياهها وذلك لقلة الرجال وكثرة الحروب وتراكم الفتن وقرب الساعة وقلة الآمال لذلك والاهتمام به

“Maknanya -wallahu a’lam- bahwa mereka (orang-orang Arab) tidak mengolahnya tanah mereka dan mereka berpaling darinya, sehingga jadilah tanah mereka terlantar, tidak ditanami, dan mata-mata airnya tidak diambil airnya untuk pengairan tanaman. Hal itu terjadi karena pada tersebut jumlah laki-laki sedikit, banyak terjadi peperangan, banyaknya tersebar fitnah, dan kiamat telah dekat. Harapan dan perhatian untuk itu (pengolahan tanah) menjadi sedikit.” (Syarh Muslim: 7/97)

Maka ucapan An-Nawawi ini jelas bertentangan dengan terjemahan di atas. Hanya saja wallahu a’lam kalau ada penafsiran lain dari hadits di atas. Karenanya bagi ikhwan yang mendapatkan keteranga lain mengenai hadits di atas, khususnya masalah yang tengah kita bahas, sudi kiranya membagi faidah tersebut melalui kolom komentar di situs ini. Sebelumnya kami ucapkan jazakumullahu khairan.

Sumber:

Iklan

2 Tanggapan

  1. terima kasih infonya,mengenai posting ini

  2. Sama-sama. Barokallohu fik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: