Shalat Di Tempat Yang Waktunya Tidak Normal

Abu Umar

Oleh: Asy Syaikh Abdul Aziz bin Baaz

Pertanyaan:
Di beberapa negeri didapati perputaran waktu malam atau siang yang sangat panjang,terkadang pula sangat pendek sekali, di mana tidak memungkinkan untuk mengerjakan sholat lima waktu sesuai dengan waktu masing-masing,maka bagaimana semestinya penduduk negeri itu mengerjakan shalat mereka?

Jawab:
Yang wajib bagi penduduk suatu negeri yang mendapati waktu siang atau malamnya sangat panjang untuk mengerjakan shalat lima waktu dengan diperkirakan waktunya, jika memang tidak didapati perputaran waktu dua puluh empat jam.

Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hadits An-nawwas bin Sam’an yang diriwayatkan oleh Shahih Muslim tentang satu hari Dajjal yang serupa dengan satu tahun. Ketika para shahabat bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. tentang hari itu, maka beliau menjawab:”Perkirakanlah waktunya”, demikian pula yang berlaku pada hari kedua dajjal yang serupa dengan sebulan dan demikian pula sehari yang seperti satu minggu.

Adapun tempat-tempat yang siangnya lebih panjang daripada malamnya atau sebaliknya pada perputaran waktu dua puluh empat jam, maka hukumnya jelas, yaitu mereka mengerjakan shalat lima waktun seperti hari-hari biasanya, walau malamnya atau siangnya sangat pendek sekali, dikarenakan dalil-dalil yang umum dalam masalah ini. Semoga Allah memberikan taufik-Nya

(Dinukil untuk blog http://ulamasunnah.wordpress.com dari Sifat Shalat Nabi dan Fatwa-Fatwa Penting tentangnya, Maktabah Al Ghuroba Solo, hal. 353)

Sumber: http://ulamasunnah.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: