Ucapan Salam selain Assalamualaikum

oleh Abu Umar

Oleh: Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin

Soal:
Sebagian orang menggunakan ungkapan yang bermacam-macam ketika mengucapkan salam. Di antaranya, “Massakallahu bilkhair” (selamat sore), atau “Allah bilkhair”, “Saakallahu bilkhair”, “Kallahu bilkhair”, sebagai pengganti lafazh salam yang disebutkan (dalam hadits –pent) dan apakah boleh memulai ucapan salam dengan lafazh, “‘Alaikas salam”?

Jawaban:
Lafazh salam yang terdapat dalam hadits adalah, “Assalamu ‘alaika” atau “Salamun ‘alaika”. Kemudian, ia boleh mengucapkan ungkapan salam apa saja setelahnya.

Adapun ungkapan, “Massakallahu khair”, “Shabbahakallahu bilkhair” atau “Allahu bilkhair” dan yang serupa dengannya, semua ini boleh diucapkan setelah mengucapkan salam yang disyari’atkan. Mengganti salam yang disyari’atkan dengan semua ini adalah salah.

Adapun memulai salam dengan lafazh, “Alaikas salam” adalah menyelisihi yang telah disyari’atkan. Karena lafazh ini diperuntukkan untuk menjawab dan bukan memulai salam.

(Dinukil untuk blog ulamasunnah dari Al Manahi Al Lafzhiyah, karya Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, soal nomor 13. Penerjemah Abu Zaid Resa Gunarsa, muroja’ah Al Ustadz Ali Basuki, Lc, Penerbit Al Ilmu Jogjakarta )

Sumber: http://ulamasunnah.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: