Mengucapkan “Halo” ketika Menjawab Telepon

Oleh: Asy Syaikh Abdul Aziz bin Baz

Soal:
Bolehkah menggunakan kata “Halo” di saat menjawab panggilan telepon? Beberapa orang mengatakan bahwa itu adalah salamnya orang-orang Kristen dan non Muslim.

Jawab:
Bismillahirahmanirrahim, semoga shalawat serta salam tercurah kepada Rasulullah, keluarga beliau, para sahabat, serta para pengikut jejak mereka.

Tentang perkara tersebut, aku tidak tahu adanya larangan menggunakan kata “Halo”. Masyarakat sudah menjadikannya sebuah kebiasaan dan maknanya pun telah diketahui. Oleh karena itu perkara ini diperbolehkan.

Masyarakat pun terkadang sudah familiar dengan kata-kata non Arab, dan karena hal tersebutlah mereka menggunakannya. Hal yang demikian tidak mengapa.

Sebagai tambahan, jika seseorang menggunakan kata “Ya” menggantikan kata “halo” ini juga tidak mengapa. Dan yang penting untuk dimengerti di sini adalah diperbolehkannya menggunakan kata halo.
Wallahu a’lam.

Diterjemahkan dari blog akhuna Abdullah Dwight (http://abuaaliyah.multiply.com/journal/item/25/Using_the_Word_Hello) untuk http://ulamasunnah.wordpress.com.

Sumber : http://ulamasunnah.wordpress.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: