Menjual Alat Musik Setelah Taubat?

Oleh: Asy Syaikh Ahmad Bin Yahya An Najmi dan Asy Syaikh Zaid Bin Muhammad Bin Hadi Al Madkhaly

Pertanyaan:
Saya memiliki alat-alat musik tetapi setelah saya mengenal dakwah yang berkah ini saya bertaubat kepada Allah. Apakah boleh bagi saya untuk menjual alat-alat musik tadi dan hasilnya digunakan untuk kemashlahatan keluarga, untuk membantu dakwah dan selainnya?
Abul Fath – Balikpapan Kalimantan Timur

Jawab:
Mufti Saudi Arabia bagian selatan Asy Syaikh Al ‘Allamah Ahmad Bin Yahya An Najmi Hafizhohullah menjawab sebagai berikut:

“Kalau kamu menjualnya, maka selainmu akan menjadi sesat karenanya, akan tetapi hancurkanlah (alat-alat musik itu) dan Allah akan memberikan gantinya padamu ”

Dan Asy Syaikh Al ‘Allamah Zaid Bin Muhammad Bin Hadi Al Madkhaly Hafizhohullah pada malam Kamis 29 Jumadil Tsani 1426 H bertepatan 4 Agustus 2005 M, beliau menjawab pertanyaan di atas sebagai berikut:

“Pertama kami mengucapkan selamat kepada saudara kita ini atas taubatnya, dan hendaknya ia memuji Allah yang telah memberikan taufik kepadanya untuk bertaubat. Kedua kami memberikan kabar gembira kepadanya bahwasanya Allah ‘ Azza Wa Jalla mengampuni dosa-dosa jika syarat-syarat taubat terpenuhi dan kesalahan-kesalahannya akan diganti dengan kebaikan-kebaikan, dan wajib atasnya untuk konsisten meninggalkan dosa. Adapun alat-alat musiknya yang haram maka tidak boleh ia menjualnya kepada manusia karena (alat-alat musik tersebut) akan membantu suatu perbuatan maksiat bahkan ia akan jatuh kepada maksiat. Maka perkara-perkara alat-alat musik tersebut adalah dihancurkan, hendaknya ia menghancurkannya dan Allah ‘ Azza Wa Jalla akan menggantikan baginya yang lebih baik dari apa yang tercapai baginya bila ia (menjualnya). Dan tidak boleh baginya untuk menjual selama-lamanya ”

Sumber: Majalah An Nashihah Volume 10 1427 H/2006 M Halaman 6
Dicopy dari http://ulamasunnah.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: