MENGGUNAKAN FASILITAS NEGARA UNTUK KEPERLUAN PRIBADI

Oleh Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin

Pertanyaan: Apa hukumnya menggunakan mobil pemerintah untuk keperluan pribadi?
Jawab: Menggunakan mobil pemerintah atau selainnya dari fasilitas milik negara, seperti alat fotografi atau alat cetak dan yang lainnya, tidak boleh untuk keperluan pribadi. Hal ini karena fasilitas-fasilitas tersebut diperuntukkan bagi kepentingan umum. Apabila seseorang menggunakannya untuk keperluannya sendiri, sesungguhnya ini merupakan bentuk kejahatan terhadap masyarakat umum. Maka sesuatu yang dimiliki publik tidak boleh seorangpun menggunakannya untuk pribadinya. Dalil akan hal ini bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengharamkan ghulul (mencuri rampasan perang), yakni menjadikan barang rampasan perang untuk dirinya sendiri. Karena ini milik publik.
Maka yang wajib atas mereka yang melihat seseorang menggunakan fasilitas negara atau mobil pemerintah untuk kepentingan pribadi, untuk menasihatinya dan menerangkan kepadanya bahwa ini haram. Apabila Allah Azza wa Jalla memberinya petunjuk, itu yang diharapkan. Dan apabila tidak, maka laporkan. Karena ini merupakan bagian dari kerjasama di atas kebajikan dan ketakwaan. Dan telah shahih riwayatnya dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bahwa beliau bersabda, “Tolonglah saudaramu yang dzalim dan terdzalimi”. Para shahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana caranya menolong yang dzalim?” Beliau bersabda, “Cegah dia melakukan kedzaliman, itu bentuk pertolonganmu kepadanya”. HR Al Bukhari (6952).

Pertanyaan: Bagaimana apabila pimpinan negara membolehkannya, apa tetap berdosa?
Jawab: Walaupun pimpinan negara membolehkannya. Fasilitas-fasilitas tersebut bukan milik pemimpin negara bagaimana izinnya bisa dianggap?!

Sumber :
Sumber: Liqa’at Bab Al Maftuh (No. 238)

Diperbolehkan mengkopi artikel dengan menyertakan sumbernya.
Sumber : http://www.ahlussunnah-jakarta.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: