Bagaimana Jika Seseorang Belum Shalat Dan Telah Keluar Waktu Mendapati Jama’ah Akan Shalat Waktu Selanjutnya

Oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baaz

Pertanyaan:
Jikalau seseorang terluput dari mengerjakan shalat seperti Dhuhur misalnya, kemudian dia ingat, padahal telah ditegakkan shalat Ashar, dia ikut berjamaah dengan niat shalat ashar ataukah shalat Dhuhur, Atau shalat Dhuhur sendiri, baru kemudian shalat Ashar? Dan apa makna dari ucapan ahli fiqih yang mengatakan “jika khawatir terlewat waktu yang hadir, maka gugurlah urutannya”, apakah kekhawatiran terlewatkan dari shalat jama’ah bisa menggugurkan urutannya?

Jawab:
Yang disyariatkan bagi orang yang keadaannya seperti yang ditanyakan adalah shalat bersama jamaah tersebut dengan niat shalat Dhuhur, kemudian shalat Ashar, karena wajib ditunaikan berurutan, dan urutan itu tidak bisa gugur karena khawatir ketinggalan shalat berjamaah.
Adapun ucapan para fuqaha rahimahumullah di atas: “jika khawatir waktu shalat itu habis, maka gugurlah urutan”, maknanya adalah: Seseorang yang memiliki tanggungan shalat harus mengerjakannya terlebih dahulu sebelum shalat yang hadir saat itu, jika waktu shalat yang ada saat itu sempit, maka dia kerjakan terlebih dahulu shalat yang ada saat itu. Contohnya: Dia memiliki tanggungan shalat Isya’ dan tidak ingat kecuali setelah hampir terbit matahari, padahal dia belum mampu mengerjakan Shalat Subuh terlebih dahulu sebelum habis waktunya, karena waktunya telah jelas, baru kemudian mengerjakan shalat yang dia luput darinya.

Sumber: Buku Sifat Shalat Nabi karya Syaikh Nashiruddin Al-Albani & Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baaz, Penerbit Maktabah Al-Ghuroba hal. 361-362

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: