Apakah Orang Yang Meninggalkan Shalat Harus Menggantinya Ketika Dia Telah Taubat

Oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdulllah bin Baaz

Pertanyaan:
Apakah orang yang meninggalkan shalat dengan sengaja harus menggantinya ketika Allah telah memberinya taufik untuk bertaubat, baik yang ditinggalkannya satu waktu atau lebih?

Jawab:
Jika dia meninggalkannya dengan sengaja maka tidak ada keharusan baginya untuk mengqadha’ menurut pendapat yang shahih di kalangan ulama. Karena meninggalkan shalat dengan sengaja menyebabkan seseorang keluar dari lingkup islam dan menjadikannya dalam wilayah kekufuran. Sedangkan orang kafir tidak mengganti apa yang telah ditinggalkan semasa kufurnya, hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam: “Pembatas antara seseorang dengan kekufuran dan kesyirikan adalah shalat.” Diriwayatkan oleh imam Muslim dari Jabir bin Abdillah Radhiallaahu ‘anhu. Juga sabda beliau Shallalaahu ‘alaihi wa Sallam:
“Perjanjian yang membatasi antara kita dengan mereka adalah shalat, barangsiapa yang meninggalkannya, maka telah kafir.”
Hadits riwayat Imam Ahmad dan Ahlussunan dengan sanad shahih dari shahabat Buraidah bin Al-Hushaih Radhiallaahu ‘anhu.
Juga dikarenakan Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam tidak menyuruh orang-orang yang baru masuk islam untuk mengganti apa yang telah mereka tinggalkan, demikian pula shahabat, tidak menyuruh orang yang murtad setelah kembali lagi ke Islam untuk mengganti shalat yang telah mereka tinggalkan, jika orang yang meninggalkan shalat dengan sengaja mau mengganti shalat yang dia tinggalkan dalam keadaan tidak mengingkari kewajibannya, maka tidak ada dosa atasnya, dalam rangka berhati-hati. Sekaligus keluar dari perselisihan ulama yang menyatakan tidak kafirnya orang yang meninggalkan tanpa menentang kewajibannya maka dia tidak kafir, dan ini merupakan pendapat mayoritas ulama. Semoga Allah memberikan taufik.

Sumber: Buku Sifat Shalat Nabi karya Syaikh Nashiruddin Al-Albani & Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baaz, Penerbit Maktabah Al-Ghuroba hal. 376-377

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: