Efek Dari Kemaksiatan

Sabar melawan syahwat jauh lebih ringan daripada sabar menghadapi akibat pelampiasan syahwat tersebut. Karena kejelekan yang didapat dari maksiat sangat banyak, tidak sebanding dengan kepuasan pelampiasannya. Di antara akibat buruk itu adalah penderitaan berupa hukuman adzab yang disegerakan di dunia atau ditunda di akhirat kelak yang akan memutus kenikmatan yang lebih besar dan sempurna, atau akan menyia-nyiakan waktu sehingga mewariskan penyesalan dan kerugian.

Kemaksiatan bisa juga mengoyak kehormatan, dimana keutuhannya tentu lebih bermanfaat bagi seorang hamba. Atau akan menghilangkan harta, menurunkan derajat dan kedudukan yang tetapnya hal tersebut lebih mulia dari pada berkurang atau hilangnya.

Perbuatan dosa pun akan melenyapkan sebuah kenikmatan yang sejatinya lebih nikmat dan lezat dari pada pelampiasan nafsu. Juga akan membukakan jalan kerendahan yang sebelumnya tidak pernah ada. Atau akan menyisakan kegundahan, kegalauan, kesedihan, dan ketakutan yang tidak bisa mendekati kelezatan syahwat, apalagi mengimbangi atau mengalahkan.

Efek maksiat membuat terlupakannya ilmu, padahal kokohnya ilmu merupakan kenikmatan yang lebih lezat dari pada apa didapatkan dari pelampiasan syahwat. Kemaksiatan juga akan menyenangkan para musuh Allah dan membuat sedih para wali-Nya.

Durhaka terhadap Allah, Dzat yang telah meletakkan syariat akan memutuskan jalur dan jalan nikmat. Atau akan meletakkan sifat dan gelar buruk yang tidak akan hilang. Karena, sebuah amalan itu akan membentuk sifat dan mempengaruhi tabiat.

Sumber bacaan: Al Fawaid, karya Imam ibnul Qayyim rahimahullah

(diketik ulang dari majalah Tashfiyah edisi 06 vol.01 1432H-2011 hal.95 untuk blog Kabutfajar.wordpress.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: