Adillah Terhadap Sang Pencipta

Beruntunglah orang yang bersikap adil kepada Rabbnya Subhanahu wa Ta’ala. Ia selalu menilai bahwa Rabbnya Subhanahu wa Ta’ala senantiasa berbuat baik kepadanya. Jika Allah Subhanahu wa Ta’ala menghukumnya, dia pun meyakininya sebagai keadilan Allah Subhanahu wa Ta’ala terhadap dirinya yang melakukan dosa-dosa. Sedang jika Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak menghukumnya, ia pun merasa betapa Allah Maha Pengampun dan Maha Pemurah.

Hamba yang berbahagia ini akan merasa bahwa amalan shalih yang dia lakukan hanyalah merupakan karunia dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah Subhanahu wa Ta’ala lah yang memberinya taufik untuk mengerjakan amalan tersebut. Dia merasa bahwa kekuatan, kesempatan, dan ilmu yang dia gunakan untuk beramal hanyalah dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Lantas, jika Allah Subhanahu wa Ta’ala membalasinya dengan pahala dan ganjaran, itu pun karunia semata dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Takkan terbersit dalam hatinya rasa ‘ujub, apalagi merasa dirinya besar dan sombong.

Jika amalannya jelek pun, hamba ini merasa bahwa hal ini dikarenakan Allah meninggalkannya dan tidak menjaganya. Sebab itu, hamba ini pun merasa butuh terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dia sadar akan kezaliman dirinya yang telah menyebabkan Allah Subhanahu wa Ta’ala menjauh darinya. Dia pun akan mengerahkan tenaganya untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan tidak akan merasa Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak adil dengan tidak memberinya taufik untuk beramal shalih.

Inti dari permasalahan ini adalah, ia selalu berbaik sangka kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebaliknya, ia melihat dirinya selalu dipenuhi dengan sikap mengurangi hak-hak Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan ini, dia pun selalu memperbaiki dirinya dan mendekatkan diri kepada Rabbnya. Dialah hamba yang berbahagia. [Farhan]

Referensi: Al Fawaid, karya Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah

[sumber: majalah Tashfiyah edisi 09 vol.01 1432H-2011M hal. 95]

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: