Menutupi Wajah Dgn Mushaf Saat Takut Jin

Tanya:
Saya seorang yang bermata kabur, menempati sebuah rumah. Setiap malam saya didatangi jin yang menakut-nakuti saya. Sekarang saya punya sebuah mushaf yang apabila saya letakkan di atas wajah saya, jin-jin itu pergi. Namun, sebagian orang mengatakan tidak benar perbuatan meletakkan mushaf di atas wajah tersebut. Saya harapkan keterangan yang berfaedah dari Anda.

Jawab:
Yang seharusnya Anda lakukanlah adalah banyak berzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala saat hendak tidur dan membaca ayat kursi[1], surat al-Ikhlas, dan al-Muawwidzatain (al-Falaq dan an-Nas)[2].
Di samping itu, Anda memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang sempurna dari kejelekan apa yang diciptakan-Nya sebanyak 3 kali setiap pagi dan sore.[3] Hendaknya Anda juga membaca,

بسم الله الذي ﻻيضرمع اسمه شيءفي اﻻض وﻻفي السماء وهوالسميع العليم

“Dengan nama Allah yang tidak bermudarat bersama nama-Nya sesuatu pun di bumi dan tidak pula di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”[4]
Zikir di atas dibaca tiga kali setiap pagi dan petang. Insya Allah, dengan zikir itu semua Anda akan selamat dari gangguan jin dan selain mereka. Tidak pantas Anda menggunakan mushaf untuk perkara seperti yang Anda sebutkan karena hal itu mengandung unsur penghinaan terhadap Kitabullah dan membuat setan ridha/senang.
Kami mohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar menyembuhkan Anda dan melindungi kita seluruhnya dari para setan. Wa billah at-taufiq, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa alihi wa shahbihi wa sallam.

(Fatwa al-Lajnah ad-Daimah dalam majalah al-Buhuts al-Islamiyyah no 26, hlm. 122-123, dinukil dalam Fatawa al-Balad al-Haram, hlm. 1334)

Catatan kaki:
[1] Membaca ayat kursi setelah shalat subuh dan setelah shalat ashar disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan an-Nasa’i dan dinyatakan sahih oleh al-Albani Rahimahullah dalam Shahih at-Targhib.
[2] Disebutkan dalam hadits riwayat at-Tirmidzi dan dinyatakan hasan dalam Shahih at-Tirmidzi, barangsiapa membaca ketiga surat di atas setiap pagi dan petang maka akan mencukupinya dari segala sesuatu. [3] Yaitu membaca,

أعوذ بكلمات الله التامات من شرماخلق

Kata Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, “Siapa yang membaca doa perlindungan (di atas) ketika singgah di suatu tempat maka tidak ada sesuatu pun yang dapat memudaratkannya/membahayakannya sampai ia berlalu dari tempat tersebut.” (HR. Muslim dari Khaulah bintu Hakim as-Sulamiyyah Radhiyallahu ‘anha)
[4] HR. at-Tirmidzi dan selainnya, dan hadits ini derajatnya hasan sebagaimana dalam Shahih Sunan at-Tirmidzi.
Barangsiapa membacanya setiap pagi dan petang sebanyak 3 kali maka tidak ada sesuatu yang dapat membahayakannya. Dalam riwayat Abu Dawud disebutkan, orang yang mengucapkannya tidak akan ditimpa bala secara tiba-tiba.

[Sumber: Majalah Asy Syariah No.82/VII/1433 H/2012 hal.100)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: