Buah Dari Berteman Dengan Orang Saleh

Asy-Syaikh Abdullah bin Ali Ja’tsiin

1. Dengan bergaul bersama orang-orang saleh, seseorang akan diliputi keberkahan dan ikut mendapatkan kebaikan yang mereka miliki sekalipun tidak melakukan apa yang mereka lakukan. Siapapun yang duduk bersama wali-wali Allah tidak akan merugi, sekalipun yang duduk itu hanyalah seekor anjing. Perhatikanlah para Ashhabul Kahfi bagaimana keberkahan mereka juga ikut dirasakan oleh anjing mereka.

2. Setiap orang memiliki kecenderungan untuk mengikuti orang yang bersamanya, dan terpengaruh dengan perbuatan, pikiran, manhaj dan perilakunya. Setiap orang pasti akan menyesuaikan diri dengan perilaku kekasihnya, maka perhatikanlah oleh masing-masing kalian siapa orang yang menjadi kekasihnya.

3. Sesungguhnya teman yang saleh akan memberitahukan kekurangan-kekurangan dirimu, dan menunjukkan titik-titik kelemahanmu. Al-Hasan Radhiyallahu ‘anhu berkata: “Seorang mukmin merupakan cermin bagi saudaranya. Manakala ia melihat sesuatu yang tidak layak, ia akan membetulkan dan meluruskannya serta menjaga rahasianya, baik ketika sendiri ataupun saat bersama orang lain.”

4. Bergaul bersama orang saleh akan menjaga waktu seseorang (dari hal-hal yang tak berguna-pent.) yang mana waktu merupakan kehidupan itu sendiri. Ia adalah wadah bagi seluruh perbuatan seseorang.

5. Seorang teman yang saleh akan menjaga dirimu baik ketika sedang bersamamu ataupun tidak. Ia tidak akan membongkar rahasiamu dan tidak akan merendahkan kehormatanmu.

6. Sekedar melihat orang-orang baik dan saleh, dapat membuat seseorang menjadi ingat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagian orang saleh mengatakan: “Ketika bertemu dengan salah seorang rekan, aku selalu menjadi ingat kepada Allah.”

7. Orang-orang yang saleh adalah hiasan bagimu ketika dalam keadaan senang, dan bekal untukmu ketika dalam keadaan susah, serta penolong paling baik untuk meringankan beban kehidupanmu dan memecahkan kesulitanmu. Suatu ketika Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu keluar menemui para sahabatnya lalu berkata: “Kalian adalah pelipur laraku.” Aktsam bin Shaifi Radhiyallahu ‘anhu mengatakan: “Menemui orang-orang yang dicintai adalah obat bagi kesedihan hati.” Umar Radhiyallahu ‘anhu berkata: ” Bergaullah dengan kawan-kawan yang tulus, engkau akan hidup dalam perlindungan mereka.”

8. Berkawan dengan orang-orang baik dan saleh merupakan salah satu sebab utama untuk masuk ke dalam golongan mereka yang tidak merasa sedih sebagaimana difirmankan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala Subhanahu wa Ta’ala:

“Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.” (Az-Zukhruf: 67)

Kemudian seorang yang berkawan dengan orang-orang saleh juga akan mendapatkan kebaikan dengan doa mereka untuknya di saat tidak sedang bersama-sama, baik ketika masih hidup maupun saat telah meninggal dunia. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam telah bersabda:

“Do’a seorang muslim untuk saudaranya ketika ia tidak sedang bersamanya adalah mustajab. Disamping kepalanya ada malaikat yang ditugaskan. Setiap kali ia mendo’akan kebaikan untuk saudaranya, malaikat itu akan berkata: ‘Amin, dan engkau pun mendapat kebaikan serupa’.”

9. Majelis orang-orang baik dan saleh dikelilingi oleh para malaikat dan dijauhi oleh para setan, baik setan manusia ataupun setan jin.

Kesimpulannya, bahwa buah dari berkawan dengan orang-orang saleh sangatlah banyak dan tak terhitung. Ia merupakan sebab kebahagiaan seorang hamba di dunia dan di akhirat. Seorang yang saleh, kalau engkau bergaul dengannya, ia akan memberikan kebaikan untukmu; kalau engkau berkonsultasi dengannya, ia akan tulus menunjukkan yang baik kepadamu; dan kalau engkau senantiasa menyertainya; engkau akan mendapat kebaikan dan keberkahannya. Segala sesuatu yang dibawanya, semuanya merupakan kebaikan.

(Sumber: Majaalis Ash-Shahihain Karya Asy-Syaikh Abdullah bin Ali Ja’tsiin, dengan sedikit peringkasan)

[Dikutip dari majalah Akhwat Sakinah Vol. 18/1433H/2012 Hal.87-88]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: