Jika Tekad Dan Tujuan Hanya Kepada Allah

Apabila setiap saat tekad dan tujuan seorang hamba hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, Allah pasti akan menanggung seluruh kebutuhannya. Allah mudahkan qalbunya untuk selalu mencintai-Nya, lisannya untuk senantiasa berdzikir kepada-Nya, serta seluruh anggota badannya untuk taat kepada-Nya.

Namun, apabila keinginannya hanya dunia semata, Allah bebankan seluruh ambisi, kegundahan, dan keletihannya kepada dirinya sendiri. Qalbunya pun sibuk dengan dunia. Demikian pula seluruh anggota badan yang lain. Hanya berkhidmat untuk dunia saja. Saat itu, qalbunya akan lalai dari kecintaan kepada-Nya. Lisannya lupa untuk berdzikir kepada-Nya. Anggota badannya berpaling dari ketaatan kepada-Nya.

Maka siapa saja yang berpaling dari peribadahan kepada Allah, ketaatan, dan kecintaan kepada-Nya, pasti ia akan memberikan peribadahan, kecintaan, dan pelayanannya kepada selain-Nya.

“Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Rabb Yang Maha Pemurah (Al Quran), Kami adakan baginya syaithan (yang menyesatkan). Maka syaithan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.” [Q.S. Az Zukhruf:36]

Maka fokuskan pikiranmu untuk urusan yang engkau diperintahkan dengannya. Menghambakan diri beribadah kepada-Nya. Jangan sibukkan dengan sesuatu yang engkau telah dijamin untuk mendapatkannya. Sesungguhnya rezeki dan ajal adalah dua hal yang saling menyertai yang semua telah ditanggung oleh-Nya. Selama nyawa ada, maka rezeki akan senantiasa datang menghampiri. [Farhan].

Al Fawaid karya Ibnul Qayyim Rahimahullah.

(Sumber: majalah Tashfiyah edisi 20 vol.02 1433/2012M hal.109-110)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: